Sabtu, 30 Juli 2016

Macam - Macam Alat Elektronik

Dalam pembahasan ini saya akan membahas mengenai macam-macam alat-alat elektronik. Seperti yang sudah kita ketahui, ada beberapa macam alat elektronik yang sangat berfungsi dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan kita, hal ini bisa dikatakan barang yang sangat dibutuhkan, atau dalam kata lain sangat prioritas untuk bisa kita gunakan dalam kebutuhan kita sehari-hari dalam rumah tangga. Bukan hal yang mustahil lagi apabila disetiap rumah tangga memiliki barang elektronik. Apalagi dalam hal berbagi informasi atau hal lain yang dirasakan sangat penting.

Adapun Jenis atau macam-macam alat elektronik tersebut antara lain adalah sebagai berikut:


- TELEVISI (TV)



Inilah salah satu barang elektronik yang sangat diperlukan disaat waktu kosong, kita bisa menonton, ataupun menyaksikan acara-acara yang kita suka.
Seperti yang telah kita bahas sebelumnya, berkat kemajuan zaman, alat ini semakin canggih, baik berupa bentuk, jenis, ataupun ragamnya.

PENGERTIAN MEDIA TELEVISI.
Media adalah suatu alat untuk menyampaikan informasi komunikasi secara aktif maupun tidak aktif (pasif). Sedangkan Televisi berasal dari dua kata yaitu tele yang artinya jauh dan visi artinya pandangan.
Jadi yang dimaksudkan disini adalah pandangan jarak jauh. Namun arti secara global adalah sebuah alat media informasi audio visual satu arah. Yaitu media yang paling populer dan tersebar di seluruh dunia.

FUNGSI MEDIA TELEVISI
Televisi memilki fungsi sebagai media telekomunikasi terkenal yaitu sebagai penerima siaran bergambar, bergerak, serta siaran bersuara.

Jika dibahas satu persatu, televisi juga berfungsi sebagai berikut:
  1. Pengawasan, hal ini berfungsi untuk memberi informasi dan menyiarkan berita untuk memperingatkan akan bahaya yang mungkin saja terjadi, baik dalam segi cuaca, bencana alam, kejahatan,ataupun kejadian lainnya yang bersifat negatif bagi diri seseorang ataupun untuk masyarakat umum.
  2. Warisan sosial, fungsi ini adalah dimana media menyampaikan suatu berita dan informasi dalam bentuk turun-temurun, atau nilai norma dari suatu generasi ke generasi berikutnya, dan juga dari suatu masyarakat pribumi di suatu daerah kepada para pendatang di daerah tersebut.
  3. Hiburan (Entertainment), sebagian besar masyarakat menyukai hiburan, adalah jelas suatu waktu dan tempat yang tepat disaat seseorang butuh dengan yang namanya bersifat sesuatu yang menghibur. Baik disaat santai, maupun berkumpul bersama keluarga.

- KIPAS ANGIN
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, kipas angin memiliki bentuk dan ragam yang berbeda-beda,
tapi tujuannya hanya satu yaitu untuk menyejukkan suhu yang dirasakan agak panas. Jadi barang elektronik jenis ini yang kita pakai. Baik disaat santai, melepaskan lelah, istirahat, maupun disaat tidur.  Tapi disaat rekreasi, jika seandainya untuk membuat ayam bakar, atau daging-daging bakar, alat elektronik jenis ini juga bisa digunakan sebagai alat pengganti kipas sederhana yang hanya menggunakan tangan, separti dari karton, kertas tebal, atau barang lainnya yang bisa menghasilkan angin, untuk lebih hemat tenaga akan lebih baik kalau kita menggunakan kipas angin.


- HANDPHONE (HP)
Dalam kehidupan sehari-hari, barang elektronik jenis ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat umum, sesuai dengan perkembangannya, HandPhone atau disebut juga dengan telepon genggam, ada banyak jenis, type, dan ragamnya, tergantung dengan dimana perusahaan yang mengembangkan barang elektronik jenis ini ada berbagai merk dan bentuknya. Dan HandPhone sering juga disebut ponsel. Kelebihan alat ini adalah praktis dan bisa dibawa kemana-mana, baik saat bepergian, rekreasi, sambil ngumpul bersama, hal tersebut tidak mengganggu aktivitas kita.
Adapun jenis HandPhone (HP) terdiri dari beberapa ragam sebagai berikut:
  1. Ponsel Bisnis, ponsel jenis ini bisa ditujukan kepada anda sebagai perangkat bisnis, biasanya ponsel untuk bisnis ini adalah ponsel yang memiliki kemampuan yang lebih bila dibandingkan dengan ponsel jenis lain. Atau disebut juga dengan ponsel pintar (smartphone). Beragam aplikasi bisnis terdapat dalam ponsel jenis ini, dan apapun bisnis anda bisa dilihat melalui ponsel ini.
  2. Ponsel Hiburan, yang dimaksudkan di sini adalah ponsel yang memiliki jenis multimedia, semua aktivitas yang berkaitan dengan musik, foto, seni, sosial dan lain sebagainya bisa anda gunakan dalam sebuah ponsel saja. Dan juga ponsel jenis ini yang memiliki variasinya tersendiri. Seperti ponsel musik, media sosial, maupun jejaringan sosial.
  3. Ponsel Fashion, adapun ponsel jenis ini lebih banyak memiliki tampilannya yang menarik, dan bisa membuat kepuasan tersendiri bagi pemiliknya walaupun fiturnya terkesan sederhana. Namun kelebihannya dari ponsel jenis lain adalah dapat berharga berkali-kali lipat daripada harga ponsel yang canggih.
  4. Ponsel Standar, ponsel jenis ini diperuntukkan untuk kita yang menginginkan fitur yang simpel, fitur inti dan tanpa teknologi yang disematkan.
  5. Ponsel Pintar, ponsel pintar atau yang biasa kita kenal dengan Smartphone ini yaitu jenis ponsel yang telah mempunyai fitur-fitur yang luar biasa, berbagai macam aplikasi yang canggih yang terdapat di dalamnya. Ada juga aplikasi jejaring sosial yang bisa kita tetap terhubung dengan teman-teman dan keluarga kita di manapun kita berada.
Fungsi HandPhone
  • Dapat melakukan panggilan jarak jauh, baik secara lokal, maupun internasional.
  • Bisa mengirimkan pesan singkat disaat-saat tertentu, misalnya pesan yang tidak membutuhkan banyak waktu.
Baca juga : Hal Penting yang Wajib Diketahui Pengguna Smartphone

- AC (AIR CONDITIONER)

Pada saat cuaca terasa panas, AC sangat dibutuhkan untuk dipakai. Hal ini juga memberikan kesejukan tersendiri bagi peminatnya, namun sebagian besar masyarakat, AC dipakai dalam suatu ruangan, misalnya ruangan kerja, ruangan tertutup, ruangan rapat, dan lain sebagainya.
Adapun beberapa fungsi dari AC adalah antara lain sebagai berikut:
  • Menurunkan temperatur udara di dalam ruangan, menciptakan temperatur yang nyaman bagi tubuh manusia antara lain temperaturnya sekitar 24-28º C.
  • Menurunkan tingkat kelembapan udara, adapun kelembapan yang nyaman bagi tubuh manusia adalah antara 40-60º C.
  • Membersihkan udara ataupun menyaringnya untuk menghilangkan partikel-partikel kotoran, separti asap rokok, debu, dan membuat ruangan membuat ruangan menjadi nyaman dari aroma yang tidak enak.
Baca juga : Alat Pendingin Ruangan dan Cara Kerjanya

- KOMPUTER
Komputer adalah mesin yang dapat memanipulasi data sesuai dengan prosedur dan instruksi yang telah diberikan. Banyak pihak masyarakat yang menggunakan komputer, baik di lingkungan tempat kerja, tempat usaha, maupun milik pribadinya. Fitur-fitur yang terdapat dalam komputer itu lengkap, seperti misalnya mau mendengarkan musik, dengan cara menambahkan perangkat yang bisa mengeluarkan suara atau bunyi, bisa membuat dan/atau menyimpan banyak data dan dokumen pribadi atau suatu perusahaan.

Adapun fungsi komputer adalah:
  • - Untuk mengolah data
  • - Menyimpan data
  • - Memindahkan data
  • - Kendali (kontrol)
Baca juga : Komponen Penting yang Wajib Ada Pada Komputer


- LAPTOP
Laptop atau komputer jinjing adalah komputer bergerak yang berukuran relatif kecil, praktis dan ringan, yang cocok untuk digunakan saat bepergian. Adapun jenis laptop ini juga terdiri dari dua jenis, yaitu laptop itu sendiri dan juga notebook. Di era modern ini laptop sudah dilengkapi futur webcam dan mikrofon pra-instal. Laptop sendiri tak ada bedanya dari komputer, tapi laptop lebih canggih dan bisa digunakan dimanapun kita berada.

Ada beberapa keuntungan dari laptop, antara lain sebagai berikut:
  • Produktivitas, yaitu keuntungan yang tidak dapat diperoleh dari komputer biasa, dengan laptop kita bisa dengan mudah melakukan pekerjaan dimanapun berada, sehingga produktivitas pekerjaan tidak terasa terhambat seiring dengan jarangnya kita berada di rumah.
  • Informasi yang selalu update, dengan laptop seseorang dapat dengan mudah saling bertukar informasi kapanpun dan dimanapun.
  • Koneksi internet, melalui media modem atau suatu tempat yang sudah memiliki jaringan wi-fi, laptop akan dengan mudah mengakses internet
  • Menyimpan arus listrik, dengan menyimpan arus listrik dengan menggunakan baterai yang dimilikinya, laptop senantiasa bisa diakses kapanpun tanpa pengaruh dari tenaga listrik, sehingga dengan fungsi ini, laptop bisa praktis dan bisa dipakai saat bepergian.
  • Perangkat yang simpel, maksudnya di sini adalah laptop memiliki fitur yang yang menyatu dan dilengkapi dengan keyboard, speaker, dan juga bisa menggunakan mouse.

Itulah pembahasan saya mengenai macam-macam alat elektronik, mungkin bagi teman-teman sekalian ada yang mau ditambahkan bisa langsung memberikan komentarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar